PRINGSEWU – Setelah beredar kabar diserangnya sistem data Rumah Sakit Kanker Dharmais, RSUD Pringsewu dengan sigap merespon dengan melakukan pencegahan agar tidak terjadi hal yang serupa. Secara rutin, RSUD Pringsewu telah melakukan back-up database.

Direktur RSUD Pringsewu dr. Ulinnoha menjelaskan, Tim IT RSUD telah melakukan langkah pengamanan database secara rutin yang memang telah dilakukan sejak diterapkannya Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) untuk pendataan pasien.

“Terhadap kemungkinan serangan virus pada data RSUD Pringsewu, manajemen RSUD sudah sejak awal memperhitungkan dan mempersiapkan antisipasi hal-hal terburuk yang kemungkinan terjadi. Itu akan mengakibatkan gangguan pelayanan bilamana SIMRS milik RSUD Pringsewu juga terserang virus,” ujarnya.

Serangan siber jenis virus malware (malicious software) bernama ransomware sedang ramai dibicarakan di grup Whats App (WA) Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI), dan forum-forum lain.

Berdasarkan informasi yang dihimpun rilis Kementerian Komunikasi dan Informatika, jika virus ransomware ini menyerang sistem data rumah sakit, maka seluruh data digital rumah sakit mulai dari data tindakan, data farmasi, data rekam medis pasien, dan seluruh data yang ada di rumah sakit tidak akan dapat diakses dan digunakan karena data tersebut di enkripsi. Untuk mengembalikan seperti semula, pembuat virus tersebut mencantumkan link agar pihak yang teretas mengirimkan sejumlah uang, menggunakan bitcoin.

dr. Ulinnoha mengatakan, saat ini pihak RSUD Pringsewu sedang masa peralihan dari penggunaan pendataan pasien manual (tulis tangan, red) ke pendataan pasien secara digital.

“Jadi untuk sementara ini aman, kita punya dua versi data. Jika kemungkinan terburuknya data digital terserang virus itu dan pelayanan lumpuh. Kita masih bisa masih punya data manualnya, yang sementara waktu bisa digunakan pasien untuk berobat, sampai data digital bisa kembali digunakan.” pungkasnya. (rsudpringsewu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *