PRINGSEWU – Guna mendapatkan hasil yang maksimal dalam akreditasi rumah sakit, Rumah Umum Daerah Pringsewu terus berupaya memperbaiki berbagai fasilitas yang ada. Salah satu point yang dinilai adalah ketersediaan konten video Safety Briefing di RSUD Pringsewu.

Pengertian Video Safety Briefing Rumah Sakit

Video Safety Briefing Rumah Sakit adalah video yang berisi pesan visual latihan tentang keselamatan dan kesehatan kerja yang diberikan kepada tenaga medis dan pegawai baru, pasien ataupun para tamu yang baru pertama kali datang di lokasi rumah sakit tersebut. Tujuan dari safety breafing ini adalah untuk mengkomunikasikan bahaya-bahaya dan risiko keselamatan dan kesehatan kerja umum yang mungkin terjadi selama berada/berkunjung, sehingga mereka bisa sadar serta bisa melakukan tindakan pengendalian terhadap bahaya tersebut.

Sasaran Video Safety Breafing Rumah Sakit

Video Safety Breafing Rumah Sakit sangat diperlukan bagi tenaga medis dan pegawai baru, pasien ataupun para tamu yang baru pertama kali datang di lokasi rumah sakit tersebut. Menurut penelitian dari Health and Safety Executive dan institute for work and health, didapatkan data bahwa risiko keselamatan kerja cidera hilang waktu (lost time injury) ditemukan sangat tinggi pada bulan pertama pekerjaan, risiko tersebut menjadi 3 kali lipat lebih besar daripada pekerja yang sudah punya pengalaman kerja 1 tahun.

Video Safety Breafing Rumah Sakit ini wajib dipahami oleh para tenaga medis dan pegawai baru sebelum mereka memulai aktifitasnya. Salah satu kelebihan media video adalah pihak-pihak yang berkepentingan dapat mengaksesnya kapan saja ketika memerlukannya. (rsudpringsewu/ind)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *