PRINGSEWU – Dalam memperoleh pelayanan kesehatan di RSUD Pringsewu, masyarakat dapat memanfaatkan JKN yang difasilitasi oleh negara. Namun saat berada dilokasi, rupanya masih banyak para peserta JKN yang masih bingung dalam memenuhi persyaratan-persyaratan yang dibutuhkan.

Hal tersebut dipaparkan Puji Supriyanto Sofyan selaku Koordinator Klaim, PIC Pelayanan dan Keluhan JKN RSUD Pringsewu. Puji menjelaskan, hingga saat ini masih banyak peserta JKN yang tidak membawa perlengkapan-perlengkapan yang dibutuhkan untuk mendapatkan fasilitas pelayanan kesehatan di RSUD Pringsewu.

“Kebanyakan para peserta tidak membawa rujukan dari faskes pertama berobat mereka, karena untuk berobat rawat jalan menggunakan BPJS atau KIS, pihak rumah sakit sangat memerlukan rujukan dari fasilitas kesehatan tempat pertama mereka berobat (Puskesmas dan Klinik Kesehatan, red),” kata dia.

Ia memaparkan, masyarakat sangat perlu memahami alur sistem pelayanan kesehatan menggunakan JKN juga. Agar nantinya, saat berobat mereka tidak menemukan kendala-kendala lagi karena kurangnya berkas persyaratan.

“Berkas yang diperlukan untuk rawat jalan dan rawat inap sama, hanya bedanya khusus untuk pasien dengan status gawat darurat dapat langsung mendapatkan pelayanan di UGD tanpa surat rujukan,” ujarnya.

Berikut adalah peryaratan-persyaratan yang perlu dipersiapkan untuk berobat di RSUD Pringsewu menggunakan fasilitas Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) :

Rawat Jalan dan Rawat Inap :
1. Fotocopy KTP
2. Fotocopy Kartu Keluarga (KK)
3. Fotocopy Kartu JKN (BPJS, KIS, Jamkesmas, Askes)
4. Surat Rujukan Faslitas Kesehatan (Faskes) Pertama, Puskesmas atau Klinik

Rawat Inap Status Gawat Darurat :
1. Penanganan Pasien Terlebih Dahulu
2. Fotocopy KTP
2. Fotocopy Kartu Keluarga (KK)
3. Fotocopy Kartu JKN (BPJS, KIS, Jamkesmas, Askes)
*) Khusus Poin 2 – 3 bisa menyusul.

Jika para peserta JKN memiliki kendala atau masih bingung, bisa konsultasi dengan menghubungi BPJS Center RSUD Pringsewu di nomor 0853 8406 5779 (Puji Supriyanto Sofyan). (rsudpringsewu)

Recent search terms:

  • Mau berobat di rsud pringsewu pakai bpjs

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *